Selasa, 31 Maret 2015

Balancing Database Guide [RMVX Ace]


Assalamu'alaikum wr.wb
kali ini gue kasih tau Balancing Database Guide [RMVX Ace]
 dari Blog Sebelah Navest's RPG: Tutorial ^_^

For non-Indonesian reader:
this guide writen with Indonesian informal language, so don't try to ask google. and maybe you can also search similar reference in google or other search engine for this.
Nah, sekarang saya mau ngasih tau untuk apa" aja yg butuh dibalance pada Database,, klo kamu pikir balancing itu gampang dan gak ribet, sebenernya sih ribet,, karena defaultnya juga gak balance sih :v
1. Actor Initial Level and Equipment
yang pertama wa bakal kupas balancing pada Initial level dan equipment, pada Initial level kamu hanya harus menentukan level yg cocok untuk actor, dalam hal ini, actor yg join party belakangan gak mungkin kan bakal kamu kasih initial levelnya 1?? untuk initial equipment juga, masa actor yg join belakangan kasih equipment yg paling jelek?? pasti kamu harus memberikannya yg lebih bagus, agar di setiap actor ada persamaannya dan seimbang.
2. Class Parameter
yg kedua yaitu class, klo udah masalah class itu juga nyambung ama Enemy,, entar bakal wa jelasin :3 untuk class, selain parameter yg harus balance ama parameter enemy,, exp yg dibutuhin untuk level up juga harus diseimbangin,, untuk selengkapnya bakal ada di enemy
3. Weapon and Armor
weapon dan armor juga berpengaruh pada balancing parameter, klo misalnya parameter enemy dan class sama, tapi apa jadinya klo dikasih weapon? misal, ATK class kamu kasih lvl 1: 10, ATK enemy: 10, nah tapi klo dikasih weapon, misal weapon dikasih 10 juga, berarti ATK armor jadi 20, ini sudah tidak seimbang,, hal yg sama bakal terjadi di armor juga.
4. Pricing
harga juga bergantung pada balancing, klo kemahalan juga gak enak kan? klo kemurahan malah playernya yg seneng, dan game akan sangat mudah untuk dimainkan.
5. Enemy Parameter
Enemy parameter harus balance ama Class Parameter, gaboleh kurang, apalagi lebih, klo kurang gak seru, enemy bakal cepet mati, klo lebih juga gak seru, player bakal cepet mati karena enemy :v
6. Enemy Exp Reward
untuk yg ini berkaitan ama Class Parameter Exp, klo reward yg diberikan terlalu banyak, actor akan cepat level up dan tentunya game seperti tidak berbobot, klo terlalu dikit juga player gak akan seneng, karena musuhnya udah parameternya tinggi, tapi si actor malah blom lvl up dan parameternya kecil :v
7. Enemy Gold Reward
gold reward tentunya berkaitan dengan pricing, klo gold rewardnya kegedean, pricenya juga rasanya murah, padahal klo ukuran developer harganya mahal :v
sekian untuk Balancing Guide, semoga berguna.

Wassalamu'alaikum wr.wb 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar